Menanam Sayur dan Buah di Dalam Pot

Jenis tanaman pot- Sayur dan buah-buahan memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang berharga bagi tubuh. oleh karena itu rutin mengonsumsinya akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Mungkin bagi ibu-ibu rumah tangga, membeli lebih praktis daripada menanam sendiri. Padahal terdapat jenis tanaman pot yang bisa ditanam dalam area sekitar rumah. Tentu saja jenis tanaman tersebut meliputi sayur dan buah.

bawang merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dikembang biakkan menggunakan media pot.

Jenis-jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Ditanam Dalam Pot

Jenis tanaman pot yang di maksud bukanlah tanaman hias, melainkan berupa sayur yang dapat digunakan untuk kegiatan memasak harian. Anda dapat melakukan proses penanaman ini secara sederhana. Berikut jenis tanaman pot berupa sayur-sayuran yang dapat Anda tanam:

1. Daun Bawang
Jenis sayuran yang satu ini bisa Anda tanam secara mudah dan sederhana. Caranya dengan menyisakan daun bawang dengan panjang 3 cm yang terhitung mulai dari bagian akar. Lalu tempatkan pada gelas kaca dan beri sedikit air. Kemudian letakkan pada tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup, maka daun bawang akan tumbuh.

2. Bawang putih
Untuk jenis tanaman pot yang satu ini dapat tumbuh tunas dengan sendirinya. Jika tunasnya sudah tumbuh maka Anda dapat meletakkannya pada pot dan ditanam seperti menanam tanaman lainnya. Tak lupa berikan penyinaran dan pengairan yang cukup.

3. Selada
Sedangkan untuk jenis tanaman pot seperti selada ini memerlukan perhatian yang khusus. Sebab cukup rentan terkena gulma. Anda dapat merendam kepala selada dalam air dengan ketinggian air 0,5 cm. Selalu sirami setiap hari sampai keadaan air tetap 0,5 cm. Usai akar dan daun tumbuh beberapa hari kemudian, Anda baru dapat memindahkannya ke tanah

Jenis Tanaman Pot Berupa Buah

Sering kali orang-orang mengartikan bahwa tanaman buah tidak dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan baik sewaktu ditempatkan pada pot. Padahal terdapat jenis tanaman pot berupa buah yang dapat ditanam. Jika perawatannya benar dan tepat, maka buah akan tumbuh lebat dan berbuah dalam pot. Tanaman buah apa saja yang dapat berbuah dan hidup dalam pot? Berikut daftarnya!

1. Buah jambu biji
Jambu biji dapat Anda tanam dalam pot dan tidak membutuhkan perhatian yang ekstra, yang terpenting jika hendak menanamnya dalam pot ialah menjaga kesehatannya, diberikan pupuk yang berkala serta melakukan penyiraman yang rutin. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka buahnya dapat berbuah dalam jumlah yang banyak.

2. Buah Jeruk
Jenis tanaman pot berikut ini memang cocok jika ditanam dalam pot, nantinya hasil buah akan lebih manis dan rajin berbuah bahkan tidak mengenal musim apabila Anda merawatnya dengan benar. Semua jenis jeruk dapat ditanam dalam pot. Selain itu buah jeruk juga dapat mempercantik ruangan.

3. Buah Naga
Untuk jenis tanaman buah ini memang memiliki harga yang cukup mahal. Selain dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda juga dapat menanam buah naga dalam pot untuk dijadikan sebagai suatu bisnis karena peminatnya sangat bayak.

4. Buah Strawberry
Sedangkan untuk jenis tanaman pot buah berikut ini juga dapat ditanam di sekitar kebun Anda, baik dalam pot maupun media tanah luas,bahkan dihalaman rumah sekalipun. Kuncinya siram dan berikan pupuk secara teratur.

Sedangkan jika Anda ingin buah dalam pot cepat berbuah, maka dapat melakukan tips berikut, yakni:

1. Mengendalikan stres air
Maksudnya Anda harus melakukan penyiraman yang berirama dan tidak boleh sembarangan. Lakukan aktivitas penyiraman sesuai dengan tipe buah.

2. Suplai cahaya matahari
Setiap tanaman memerlukan suplai dari cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Namun tidak semua jenis tanaman senang dengan cahaya matahari yang berlebihan, misalnya saja tanaman manggis dan belimbing hanya memerlukan cahaya matahari yang sedang.

3. Pemangkasan
Untuk tindakan ini dapat Anda lakukan pada daun-daun yang sudah mulai tua. Lakukan secara teratur dan terencana agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Aneka jenis tanaman pot berupa sayur dan buah di atas dapat Anda jadikan pilihan. Menanam sayur dan buah dalam kebun sendiri memang lebih baik dan menyenangkan untuk dilakukan sebagai hobi.

0 Response to "Menanam Sayur dan Buah di Dalam Pot"

Posting Komentar