Berkebun Buah Semangka Sulit, Siapa Bilang? Ini Tipsnya

Tips berkebun semangka- Anda tentu saja sudah pernah memakan buah semangka bukan? Buah manis dan segar ini biasa dijadikan sebagai menu tambahan saat berbuka puasa. Cara memakan buah ini pun mudah yaitu dengan mengupas kulit luarnya. Meski bisa dikonsumsi dengan mudah, tapi tak jarang orang mengeluh tentang sulitnya berkebun buah semangka.
Salah satu kebun yang di dalamnya dipenuhi tanaman buah semangka.
Berikut kami berikan sejumlah tips berkebun semangka yang bisa diaplikasikan oleh siapa saja yang ingin menanamnya.

1. Persiapkan benih semangka
Tips berkebun semangka yang pertama ialah mempersiapkan benih yang akan ditanam. Tentu saja benih yang disiapkan bukanlah benih biasa saja melainkan yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini karena kualitas dari setiap benih dapat mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan.

Ada banyak pilihan benih semangka yang bisa didapatkan di tanah air. Bila anda ingin menanamnya, pastikan kualitas dari benih semangka tersebut sudah banyak yang membuktikan. Selain itu, anda juga harus menentukan jenis semangka apa yang ingin anda tanam. Hal ini mengingat ada banyak jenis semangka misalnya saja semangka berbiji dan tidak berbiji.

2. Persiapkan lokasi penanaman
Mempersiapkan lokasi penanaman benih semangka merupakan tips berkebun semangka yang kedua. Dalam menyiapkan lokasi penanaman, anda harus melihat karakter tanah yang akan digunakan sebagai media tanam dari semangka. Tanaman semangka tidak cocok ditanam pada tanah dengan ph 6 hingga 7. Sebaliknya tanaman semangka sangat cocok bila ditanam di dataran rendah.

Setelah tanah disiapkan, tanah tersebut harus diolah terlebih dahulu. Anda dapat mengolah tanah yang ada dengan membentuk bedeng-bedeng. Baru setelah dibuat bedeng-bedeng, tanah dicampur dengan pupuk yang telah disiapkan dan jangan lupa untuk menambahkan mulsa plastik.

3. Lakukan persemaian benih
Tips berkebun semangka selanjutnya ialah melakukan persemaian. Persemaian dapat dilakukan dengan membuat biji menjadi kecambah. Agar menjadi kecambah yang bagus, anda dapat memanfaatkan piring yang dilapisi kertas koran basah. Benih yang akan dijadikan kecambah dapat ditabut pada piring tersebut. Simpan benih di dalam piring tersebut di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Bila kecambah sudah mulai tumbuh, hal yang harus dilakukan ialah menyemaikan kecambah. Penyemaian kecambah dilakukan dengan menanam kecambah pada polybag. Saat sudah ditanam pada polybag, kecambah harus terkena sinar matahari.

4. Lakukan penanaman kecambah
Tips berkebun semangka yang selanjutnya ialah melakukan penanaman kecambah. Kecambah yang sudah disemaikan dapat ditanam pada media tanam yang sudah siapkan. Kecambah di tanam menjalar dengan jarak 50 sentimeter. Kecambah yang siap ditanam ialah kecambah yang sudah berdaun dan memiliki dua helai daun. Dalam perhitungkan, benih yang siap berumur lebih dari 20 hari.

Itulah tips berkebun semangka agar cepat tumbuh dan berbuah. Agar buah semangka yang dihasilkan tumbuh besar dan terasa manis, manfaatkalah sejumlah tips yang sudah diberikan di atas. Semoga setelah anda membaca artikel ini anda telah mendapatkan gambaran maupun panduan untuk menanam buah semangka kedepannya. Jadi, jangan anggap semangka sulit untuk dikembang biakkan.

0 Response to "Berkebun Buah Semangka Sulit, Siapa Bilang? Ini Tipsnya"

Posting Komentar