Kenali Gangguan Yang Terjadi Pada Tanaman Hias, Dan Solusinya

Tanaman hias yang sehat pasti memiliki tingkat ketahanan yang baik dibanding tanaman hias yang sering layu hingga mati. Beberapa kondisi di luar tanaman juga mempengaruhi tingkat kesehatan tanaman hias. Misalnya hama dan penyakit tanaman yang sangat mengganggu. Memerlukan pengobatan khusus dan rutin agar gangguan pada tanaman hias bisa segera teratasi.

Munculnya kerak pada daun tanaman hias merupakan pertanda adanya masalah/hama.

Mengetahui macam-macam gangguan pada tanaman hias sangat penting dan perlu agar tanaman hias kita senantiasa tumbuh dengan baik dan lama. Sangat jarang sekali dari kita yang tahu gangguan apa saja yang dapat merusak tanaman hias tersebut. Terkadang kita sering mengabaikan kondisi dimana tanaman hias mulai mengalami tanda-tanda terserang hama atau penyakit. Dan berikut pengenalan seputar gangguan pada tanaman hias yang sering terjadi:

1.Mati mendadak
Tanaman hias yang mati mendadak ditandai dengan tanaman yang tiba-tiba layu, rusa, bahkan membusuk. Hal ini bisa dikarenakan banyak faktor diantaranya kekurangan air karena kekeringa, kelebihan air yang membuat akar suit bernafas, tidak terlalu kuat terkena paparan sinar matahari, udara sangat panas menyebabkan tanaman tidak bisa tumbuh, kedinginan karena suhu udara yang terlalu dingin dan kurangannya cahaya akhirnya tanaman terlihat pucat.
Solusinya lakukan perawatan untuk tanaman hias yang mati mendadak karena faktor diatas. Siram tanaman secara rutin, cukup air, atur kelembaban, pencahayaan dan suhu tempat ditaruhnya tanaman. Pilihlah jenis tanaman sesuai suhu dan ketinggian daratan.

2.Bercak pada daun
Gangguan pada tanaman hias berupa bercak-bercak pada tanaman bisa diamati dengan melihat kondisi daun apakah mengalami tanda-tanda seperti; bercak coklat dan kering bisa disebabkan karena kekurangan air. Bercak berwarna coklat dan daun melunak kemungkinan karena tanaman kelebihan air.

Bila bercak daun berwarna kekuning-kuningan hingga putih, bisa karena pengaruh sinar matahari atau serangan hama dan penyakit. Dan bila bercak daun terlihat melepuh, bisa disebabkan oleh penyakit.
Solusinya, pertama ketahui warna bercak pada daun. Lakukan perawatan seperti bila bercak coklat/kering berarti harus rutin menyiram tanaman. Bila bercak coklat/daun lunak harus mengurangi air berlebih. Bila bercak kuning/putih pastikan meletakkan tanaman di tempat yang pencahayaan pas tidak lebih tidak kurang. Bila daun melepuh bisa obati dengan obat pembasmi hama/penyakit.

3.Tanaman lambat tumbuh
Gangguan pada tanaman hias selanjutnya yaitu tanaman tidak mudah tumbuh atau berkembang dengan cepat, bahkan tidak tumbuh sama sekali. Penyebabnya bisa karena kekurangan nutrisi, kelebihan air, kekurangan cahaya, dan lokasi tanaman yang tidak cocok. Bila tanaman hias sulit berbunga bisa karena cahaya yang sedikit, udara kering, hama thrips, kelebihan pupuk dan media pot yang tidak mendukung.

Solusinya untuk tanaman yang lambat tumbuh dengan memberi nutrisi atau unsur hara yang cukup, hindari menyiram air berlebihan, pastikan cukup cahaya dan pilih tanaman yang cocok dengan lokasi.

Itulah tiga macam gangguan pada tanaman hias yang umum terjadi dan sering kita abaikan. Karena gangguan pada tanaman hias sangat beragam, jadi kita harus mengenali penyebab agar penanganan pada masalah tanaman hias dapat dilakukan dengan maksimal.

0 Response to "Kenali Gangguan Yang Terjadi Pada Tanaman Hias, Dan Solusinya"

Posting Komentar