Menolak Kedatangan Alzaimer Dengan Cara Berkebun

Menolak kedatangan alzaimer dengan cara berkebun- Penyakit alzaimer erat kaitannya dengan kepikunan yang biasa melanda orang-orang lanjut usia. Kenapa serangan terbesar diterima oleh orang-orang berusia lanjut? Kepikunan atau mudah lupa menyerang orang-orang yang tidak banyak melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, bekerja, ataupun aktifitas fisik lainnya.

Nah, ciri-ciri tersebut biasanya dialami oleh para lansia yang menghabiskan waktunya hanya untuk beristirahat karena tenaga yang minim dan mungkin penyakit yang diderita. Sehingga alzaimer lebih sering melanda para lansia ini. Alzaimer juga rentan diderita oleh orang-orang dengan rutinitas yang tidak menentu yang membuat memori ingatannya tidak terbiasa menerima hal baru sehingga mengakibatkan kelupaan. Meminimalisir timbulnya alzaimer sebenarnya dapat dikalukan dengan cara rutin melakukan aktivitas, seperti misalnya dengan berkebun, alasannya telah dijelaskan di bawah.

Aktivitas berkebun sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan, teutama bagi lansia karena rutinitas ini dapat mencegah alzaimer atau melemahnya daya ingat.

Beberapa aspek penyebab alzaimer pada setiap orang berbeda-beda tergantung dari pola hidup dan keturunan genetik. Parahnya penyakit ini tidak hanya melanda para lansia yang minim aktifitas, tetapi juga semakin merambah dunia remaja bahkan anak-anak. Bukan karena minim aktifitas, tetapi lebih berhubungan dengan makanan instan yang dikonsumsi sehingga muncul penyakit berbahaya salah satunya adalah alzaimer.

Tetapi yang perlu anda tahu ada cara sederhana untuk menolak kedatangan alzaimer yaitu dengan berkebun. Bagaimana bisa? Itu mungkin pertanyaan yang muncul karena pernyataan di atas. Di bawah ini terdapat beberapa alasan berkebun dapat menolak kedatangan alzaimer. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraiannya di bawah ini:

1. Berkebun Adalah Aktifitas Menyenangkan Yang Dapat Menolak Alzaimer
Menolak kedatangan alzaimer dengan cara menanam bunga mungkin tidak masuk akal, namun bisa anda coba dan terapkan pada kehidupan sehari-hari lalu buktikan kebenarannya. Kegiatan berkebun yang memakan waktu cukup lama dapat merangsang aktifitas otak yang dengan sendirinya dapat menolak kedatangan alzaimer.

Benang merahnya terletak pada hobi atau kesenangan dengan melakukan aktifitas berkebun. Jika kita menanam bunga mulai awal sampai dia berkembang, saat-saat menunggu mekarnya bunga adalah sesuatu yang merangsang otak untuk terus menanti masa selanjutnya hingga pada saatnya bunga yang ditunggu-tunggu mekar adalah saat-saat yang paling indah dan kebanggaan tersendiri bagi orang-orang yang hobi.

Menunggu prosesnya mulai muncul kuncup hingga menjadi bunga adalah proses yang tidak mudah sehingga masa-masa menyenangkan inilah yang dapat menolak kedatangan alzaimer. Kegiatan berkebun ini biasanya dimanfaatkan di sela-sela waktu luang oleh para lansia, namun bisa juga diterapkan oleh anak-anak muda mengingat penyakit ini bisa muncul pada siapa saja tanpa mengenal usia.

2. Tantangan Dalam Berkebun Yang Menambah Semangat
Berkebun adalah aktifitas yang menyenangkan tetapi bukan berarti tanpa tantangan. Banyak tantangan seperti adanya hama, tanaman yang mati akibat cuaca, dan masih banyak lagi. Tentu kita tidak ingin tanaman faforit terkena hama dan pada akhirnya mati.

Berbagai cara dilakukan untuk memusnahkan hama misalnya dengan penggunaan pupuk tertentu, pemindahan tempat, dan media yang diganti. Aktifitas-aktifitas inilah yang secara tidak langsung membuat otak berputar untuk ke arah lebih baik. Dengan kata lain otak dilatih untuk terus diasah sehingga secara tidak langsung anda telah melakukan upaya untuk menolak kedatangan alzaimer dalam hidup anda.

3. Berkebun Tanaman Organik Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Memasak
Seperti namanya tanaman organik yang mengindikasikan bahwa tanaman bebas dari bahan-bahan kimia termasuk pupuk yang digunakan. Tanaman organik ini bisa berupa sayur ataupun buah-buahan yang ditanam di pekarangan rumah. Bahkan sayuran seperti terong dan tomat biasanya juga diletakkan di taman sebagai hiasan juga sebagai bahan masakan alami.

Tanaman organik ini tidak menimbulkan efek samping karena bebas pestisida dan menggunakan pupuk kandang. Upaya menolak kedatangan alzaimer pada tanaman organik bisa ditemukan dari cara menanam yang membutuhkan proses cukup lama dan teratur sehingga konsistensi kegiatan diperhitungkan disini.

Sebagai contoh rutinitas dalam menghilangkan rumput pengganggu, pembibitan, dan penyiraman tanaman tidak boleh terlewatkan karena jika sekali saja terlewat maka akan menimbulkan masalah. Inilah yang disebut menolak kedatangan alzaimer dengan lamanya proses serta keteraturan dalam berkebun dapat membantu proses mengingat pada otak.

Dari pembahasan di atas dapat dikatakan bahwa salah satu cara menolak kedatangan alzaimer adalah dengan berkebun baik bunga sebagai simbol keindahan dan tanaman organik yang berupa sayur dan buah-buahan.

0 Response to "Menolak Kedatangan Alzaimer Dengan Cara Berkebun"

Posting Komentar