Tips Sederhana Berkebun Tanaman Organik di Rumah Sendiri

Berkebun tanaman organik- Berkebun adalah satu hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Berkebun bisa dilakukan dimana saja, di sawah ataupun di pekarangan rumah. Biasanya kegiatan ini identik dengan tanaman hias di taman rumah namun kali ini berbeda.

Halaman depan maupun belakang rumah dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman organik, seperti sayur-sayuran.

Yang akan kita bahas saat ini adalah berkebun tanaman organik di rumah sendiri. Menanam tanaman organik sekaligus tanaman hias dalam satu waktu lebih tepatnya karena buah dan sayuran yang ditanam secara organik bisa diletakkan pada tempat-tempat yang biasa digunakan untuk tanaman hias. Penasaran? Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Mempersiapkan Lahan Untuk Tanaman Organik
Yang perlu dilakukan pertama kali sebelum berkebun tanaman organik di rumah sendiri adalah mempersiapkan lahan kosong. Anda bisa memanfaatkan lahan di pekarangan rumah atau bila tidak memungkinkan bisa menggunakan pot-pot kecil yang disusun secara sejajar.

Agar bisa memberikan ruang lebih banyak manfaatkan juga pot gantung sehingga tanaman organik yang notabene adalah sayuran dan buah bisa menjadi makanan sekaligus tanaman hias. Kita tahu bahwa rumah yang penuh dengan tanaman hijau akan terlihat jauh lebih menarik daripada rumah bagus nan megah namun tanpa ditumbuhi tanaman.

Maka dari itu kita bisa memanfaatkan lahan pada taman yang sebenarnya hanya ditanami bunga dan pepohonan hias. Karena tanaman organik pun juga menarik untuk menjadi tanaman hias jika anda mampu mengaturnya secara rapi.

2. Bisa Meluangkan Waktu Untuk Berkebun
Berkebun tanaman organik sebenarnya membutuhkan waktu yang tidaklah lama namun hanya perlu konsistensi. Artinya kegiatan berkebun ini membutuhkan rutinitas yang jika sekali saja tidak dilakukan maka akan berakibat fatal pada tanaman.

Sehingga anda harus merencanakan waktu kosong di sela-sela kesibukan anda untuk sekedar mencabuti rumput pengganggu di sekitar tanaman dan menyiramnya setiap hari untuk menjadikannya tetap lembab dan terhindar dari kekeringan.

Perlu digarisbawahi juga bahwa berkebun tanaman organik sangat menyenangkan, selain dapat menghasilkan tanaman yang bebas bahan kimia kegiatan ini juga memicu daya ingat kita semakin terkendali dan terhindar dari kepikunan.

3. Mempersiapkan Pupuk Untuk Berkebun Tanaman Organik
Yang harus diperhatikan dalam berkebun selanjutnya adalah ketersediaan pupuk. Sesuai namanya pupuk yang digunakan juga harus berbahan organik dan bebas dari bahan kimia. Jika anda menggunakan pupuk dari bahan kimia bukan tanaman organik namanya.

Pupuk dari bahan kimia bisa anda gunakan hanya untuk tanaman hias karena sayur dan buah yang anda tanam akan dikonsumsi sehingga harus dipastikan terhindar dari pestisida dan bahan kimia lainnya. Anda bisa memanfaatkan pupuk kandang untuk tanaman organik yang lebih bagus hasilnya dan ramah lingkungan.

Penggunaan pupuk sangat berpengaruh pada pertumbuhan serta hasil yang didapatkan tanaman sehingga jangan main-main dalam hal pemupukan ini. Sediakan waktu anda untuk melakukan pemupukan secara rutin dalam jumlah yang seimbang.

4. Sinar Matahari Menunjang Kegiatan Berkebun
Bukan hanya untuk tanaman organik, tanaman hias ataupun tanaman pada umumnya sangat membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis secara sempurna yang berefek pada pertumbuhannya yang baik. Begitupun dengan tanaman organik, adanya sinar matahari adalah faktor pendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman itu sendiri.

Kegiatan penyiraman dan pemberian pupuk secara rutin belum bisa berhasil secara maksimal apabila tidak ada sinar matahari yang mengenai tanaman. Untuk itu sediakanlah tempat yang strategis agar tanaman bisa terkena sinar matahari.

5. Memperhatikan Jenis Tanah
Hal terakhir yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan dalam berkebun tanaman organik adalah penggunaan tanah yang subur sehingga berpengaruh untuk pertumbuhan tanaman secara maksimal. Karena percuma jika 4 hal diatas sudah dilakukan namun anda asal dalam memilih tanah untuk menanam, hasilnya pun tidak akan sesuai harapan.

Jenis tanah yang baik untuk digunakan sebagai media tanam adalah tanah yang tidak mengandung kapur.

Itulah beberapa tips sederhana untuk berkebun tanaman organik di rumah sendiri. Anda hanya perlu memperhatikan dan mempersiapkan 5 hal di atas untuk mendapatkan tanaman organik yang hasilnya bagus meskipun hanya ditanam pada pekarangan rumah.

0 Response to "Tips Sederhana Berkebun Tanaman Organik di Rumah Sendiri"

Posting Komentar