Segarnya Sayur Selada Dari Kebun Sendiri

Menanam sayur selada- Selada merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi kedengarannya. Selain itu sayuran yang satu ini juga tidak dapat dijauhkan dari makanan, karena memiliki kegunaan sebagai barang konsumsi dan dapat pula diaplikasikan untuk mempercantik tampilan dari makanan. Menanam sayur selada di kebun sendiri memiliki banyak keunggulan, salah satunya lebih sehat bagi tubuh, sebab perawatannya lebih diperhatikan dan lebih baik jika dibandingkan dengan selada yang dibeli.

Menanam sayur selada menggunakan media polybag.

Cara Menanam Sayur Selada Di Kebun Sendiri

Selada masuk ke dalam tanaman composite dengan bentuk rumput atau semak yang mempunyai akar tunggang. Selada yang banyak ditanam merupakan jenis selada mentega, tutup serta potong. Cara menanam sayur selada sebenarnya mudah. Jadi, jika Anda mempunyai halaman kebun yang cukup luas, ada baiknya apabila dialokasikan untuk menanam sayuran yang berikut ini.

Tanaman selada dapat tumbuh dengan baik pada dataran tinggi atau rendah. Syarat penting untuk menanam sayur selada agar dapat tumbuh di kebun rumah ialah pada jenis tanah yang tidak boleh ada campuran pasir ataupun lumpur, dengan tingkat keasaman Ph 5 dan suhu udara yang terbilang sedang antara 15-20 derajat. Selain itu, selada merupakan jenis tanaman yang memerlukan banyak air, sehingga waktu paling tepat untuk menanamnya ialah saat musim hujan melanda.

Nah, untuk menanam sayur selada maka Anda memerlukan bijinya. Sebab tanaman selada merupakan jenis tanaman yang dapat dikembangkan dengan perantara bijinya. Sebelum menanam sayur selada, maka cangkul tanah yang akan ditanami sedalam 20-30 cm, lalu berikan pupuk secukupnya pada tiap-tiap lubangnya. Apabila Anda ingin menanam sayur selada dalam jumlah yang banyak, usahakan tiap baris lubangnya memiliki jarak yang cukup jauh.

Cara menanam sayur selada ini cukup mudah, sebab biji selada dapat ditanam tanpa melakukan persemaian. Biasanya biji yang sudah ditanam akan nampak tumbuh usai 5 hari. Dan setelah berusia 1 bulan Anda harus memperhatikan tanaman dari gulma seperti rumput ataupun bibit yang telat waktu tumbuhnya. Sebab selada termasuk jenis tanaman yang cukup rentan terkena penyakit selama masa pertumbuhan, mudah busuk dan sering kali menyebabkan kutu-kutu datang. Maka dari itu perhatikan tanaman tersebut dengan baik

Budidaya Tanaman Selada Pada Polybag

Apabila Anda memiliki kebun yang tak begitu luas, maka Anda dapat menanam sayur selada pada polybag. Caranya seperti berikut ini:

1. Melakukan persemaian pada benih
Jika ditanam di polybag, maka benihnya harus di-semai terlebih dulu. Taburkan benihnya di atas media semai yang lembab. Media semainya dapat berupa tanah yang dicampurkan dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1. 3-4 hari benih selada akan mulai berkecambah. Tunggu benih hingga usia 17 hari.

2. Menanam benih ke polybag
Biasanya benih yang berumur 17 hari memiliki 4-5 helai daun, di masa seperti itulah paling tepat untuk menanamnya dalam polybag ataupun pot.

3. Media tanam
Untuk media tanamnya terdiri dari: tanah yang dicampurkan dengan pupuk kandang dan sekam padi, dengan perbandingan 2:1:1. Atau menggunakan tanah dengan pupuk kandang dan pasir menggunakan perbandingan 2:1:1.

4. Penyiraman
Pada musim kering siram selada 3 kali sehari, yakni pagi, siang dan sore. Untuk musim hujan tak perlu disiram.

Beberapa cara menanam sayur selada di atas dapat menjadi pilihan mudah berkebun di rumah. Silakan Anda mencobanya. Sebenarnya ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menanam selada, yakni dengan menyebarkan benihnya secara langsung atau memindahkan bibit yang sudah di-semai ke lahan tanam.

Untuk selada yang ditanam pada polybag atau pot sebaiknya menggunakan media persemaian benih saja, sedangkan untuk tanaman selada yang hendak ditanam pada lahan tanah yang luas dapat dengan secara langsung menebarkan benihnya. Sedangkan dalam hal pemeliharaan selada, Anda perlu melakukan penyiangan sewaktu selada berumur 2 minggu. Hal ini dikarenakan akar selada menancap pada tanah yang dangkal, sehingga tak mampu bersaing dengan tanaman lain.

Terapkan beberapa tips dan cara menanam sayur selada seperti yang dijelaskan di atas agar selada dapat tumbuh. Sekian info berkebun kali ini semoga apa yang dituangkan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian.

0 Response to "Segarnya Sayur Selada Dari Kebun Sendiri"

Posting Komentar