Menjaga Keseimbangan Alam Sekaligus Mengusir Nyamuk Dengan Cara Berkebun

Ada banyak cara melestarikan dan menjaga keseimbangan alam seperti kegiatan kerja bakti dengan bergotong royong membersihkan selokan dan merapikan tatanan lingkungan. Cara yang paling sederhana dan bisa kita lakukan setiap hari di rumah adalah berkebun. Memiliki taman pribadi yang berisi tanaman-tanaman hias bisa menambah keindahan rumah anda sekaligus manfaat lainnya yaitu mengusir nyamuk secara alami.

Bunga lavender sangat baik bila ditanam disekitar rumah selain karena warnanya yang indah juga mampu untuk mengusir nyamuk.

Nyamuk mudah hidup di tempat-tempat yang terdapat genangan air dan kotor. Dengan hidup bersih dan menutup genangan air serta membersihkan bak mandi setiap 3 hari sekali bisa meminimalisir datangnya nyamuk. Namun persebaran nyamuk belum sepenuhnya bisa diatasi, biasanya di rumah diberikan obat nyamuk untuk menghindari datangnya hewan penyebab penyakit ini atau pemakaian lotion untuk perlindungan dari gigitan.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga keseimbangan alam dengan cara berkebun dan menanam tanaman pengusir nyamuk. Untuk lebih jelasnya, simaklah keterangan lengkapnya di bawah ini.

1. Menjaga Keseimbangan Alam Dengan Tanaman Tapak Dara
Tapak dara atau sering disebut dengan istilah geranium adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk bahan obat nyamuk ataupun lotion khusus penolak nyamuk. Geranium berasal dari kandungan geraniol yang terkandung di dalam tapak dara, ditambah dengan kandungan sitronelol yang keduanya memiliki kemampuan untuk menolak nyamuk dengan aroma yang tidak disukai nyamuk.

Aromanya yang harum dapat semakin tercium ketika tertiup angin. Sehingga rumah yang di dalamnya terdapat tanaman ini maka dengan secara otomatis akan terlindung dari nyamuk. Tanaman ini bisa anda letakkan di dalam ruangan tamu, kamar tidur, dan juga bisa ditanaman di halaman rumah.

2. Menjaga Keseimbangan Alam Dengan Zodia
Zodia adalah salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan oleh masyarakat Papua sebagai lotion alami sebelum berangkat ke hutan karena dianggap bisa melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Tidak berbeda dengan geranium, tanaman ini juga sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan lotion anti nyamuk.

Aromanya yang harum karena kandungan zat rutaecarpin dan zat evodiamine bisa membuat nyamuk pergi menjauh dan tidak ingin mendekat lagi. Tanaman ini bisa ditanam pada pot dan diletakkan di dalam ataupun di luar ruangan.

3. Dengan Lavender
Menjaga keseimbangan alam dengan menanam lavender di sekitaran rumah. Tanaman yang berwarna ungu ini selain indah dan menarik dari sisi fisiknya ternyata juga mampu mengusir nyamuk.

Tanaman yang satu ini pasti sering anda dengar karena menjadi salah satu bahan untuk pembuatan lotion anti nyamuk dan obat nyamuk. Ya, wangi lavender membuat nyamuk enggan untuk mendekat sehingga tanaman ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara menanamnya pada pot di dalam ruangan dan sebagai hiasan di halaman rumah.

4. Rosemary
Bunga ini memiliki aroma mirip minyak kayu putih ataupun minyak telon. Kedua jenis minyak ini biasa digunakan pada tubuh bayi untuk melindungi dari gigitan nyamuk. Bunga rosemary bisa ditanam pada pot dan ditaruh di dalam rumah ataupun taman di halaman rumah untuk menghindari nyamuk masuk ke dalam rumah.

5. Menjaga Keseimbangan Alam Dengan Serai 
Serai yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk. Aroma serai yang unik dan khas bisa membuat nyamuk pergi dengan sendirinya. Karena serai kurang memiliki sisi estetis, anda bisa menaruhnya di sudut-sudut tertentu seperti dekat jendela.

6. Citroso Mosquito 
Cara menjaga keseimbangan alam selanjutnya adalah dengan menanam tanaman citroso mosquito, karena selain indah tanaman ini juga memiliki aroma lemon yang tidak disukai nyamuk. Tanam bunga ini pada halaman rumah ataupun bisa juga ditaruh pada pot di dalam ruangan.

7. Dengan Tumbuhan Selasih Atau Kemangi
Tanaman selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk adalah selasih atau kemangi. selain dapat dimanfaatkan sebagai penyedap rasa masakan keharuman yang khas pada tumbuhan ini dapat membuat nyamuk tidak ingin mendekat dan berusaha menjauh.

Itulah cara menjaga keseimbangan alam sekaligus mengusir nyamuk dengan cara sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus menggunakan obat anti nyamuk. Dijamin praktis dan tanpa efek samping.

0 Response to "Menjaga Keseimbangan Alam Sekaligus Mengusir Nyamuk Dengan Cara Berkebun"

Posting Komentar