Mengupas 6 Tips Hemat Berkebun Yang Patut Anda Coba Di Rumah

Bagi sebagian orang akan berfikiran jika berkebun merupakan suatu aktivitas yang pasti akan menghabiskan banyak uang, sebab akan banyak peralatan yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas semacam ini. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kegiatan berkebun dengan tujuan untuk mendapatkan panen yang berlimpah bisa Anda lakukan tanpa harus menguras kantong Anda.

Berkebun tidak harus di lahan yang luas, halaman rumah juga merupakan tempat yang ideal untuk menanam beragam jenis tanaman.

Untuk itu, Anda harus mengenal betul kaitannya dengan tips hemat berkebun yang nantinya bisa Anda terapkan di rumah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba guna meminimalisir banyaknya pengeluaran yang diperlukan dalam kegiatan berkebun.

1. Hindari tumbuhnya rumput ataupun gulma
Rumput atau yang dianggap gulma merupakan suatu hal yang perlu Anda hindari jika Anda menginginkan untuk menerapkan teknik berkebun yang hemat. Dalam hal ini, tips hemat berkebun akan mengajarkan Anda untuk tidak membiarkan rumput tumbuh di lahan yang Anda jadikan sebagai tempat berkebun. Dengan melakukan hal ini, maka Anda akan menyimpan waktu Anda tanpa harus memangkas ataupun mencabut rumput tersebut. Sebagai alterative penyelesaiannya, maka Anda bisa menggunakan kerikil ataupun batu sebagai media tanam.

2. Jangan terpaku pada penggunaan media air
Hal lain yang perlu Anda perhatikan kaitannya dengan tips hemat berkebun adalah dengan mencoba untuk tidak menggunakan media air sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Dalam kasus ini, penggunaan media air di musim kemarau akan menjadikan tanaman ini membutuhkan kadar air yang lebih banyak, karena tanaman menyerap air dalam jumlah banyak di musim kemarau. Untuk mengatasi hal itu, jika Anda tetap menginginkan media air, maka Anda harus memilih jenis tanaman yang tidak banyak menyerap air.

3. Menggunakan media pot
Kaitannya dengan tips hemat berkebun, maka untuk meminimalisir pengeluaran Anda, maka Anda bisa menggunakan pot sebagai media tanam. Supaya Anda tidak mengeluarkan biaya lagi, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis kaleng bekas sebagai media tanam. Dengan ruang yang kecil pada media tanam, maka Anda tidak akan disusahkan dalam merawat tanaman dari gulma yang ada. Bahkan Anda juga bisa menanam baik sayur-sayuran serta buah-buahan dalam pot.

 4. Pilih tanaman yang pertumbuhannya lambat
Terkadang Anda akan dihadapkan pada situasi yang sibuk, sehingga tidak memiliki kesempatan dalam merawat tanaman. Untuk itu, pada tips hemat berkebun maka Anda disarankan untuk memilih berbagai jenis tanaman yang dikategorikan sebagai tanaman yang tumbuh lambat seperti camellia, peoni serta rhododendrons. Dengan memilih jenis tanaman semacam ini, maka Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk merawat tanaman secara rutin.

5. Cobalah tanaman yang berumbi
Tips hemat berkebun yang selanjutnya adalah dengan mencoba untuk menanam umbi-umbian, sebab hal ini sangatlah murah dan tidak memerlukan perawatan khusus layaknya berbagai jenis tanaman lain. Bahkan dengan menanam jenis tanaman umbi, maka Anda juga bisa menikmati hasilnya. Namun, jika Anda kurang menyukai jenis tanaman umbi yang diambil akarnya, maka Anda bisa menanam jenis bunga berumbi seperti tulip ataupun daffodils.

6. Pilih tanaman yang tumbuh sepanjang musim
Hal lain kaitannya dengan tips hemat berkebun adalah dengan mencoba untuk tidak menanam jenis tanaman yang akan tumbuh pada musim tertentu saja. Hal ini dikarenakan ketika tanaman tesebut telah mati dalam kurun waktu tertentu, maka Anda akan membeli tanaman baru lagi. Untuk itu, Anda bisa memilih jenis tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus serta tahan dalam waktu yang lama.

Hal lain kaitannya dengan tips hemat berkebun adalah dengan mencoba untuk tidak menanam jenis tanaman yang akan tumbuh pada musim tertentu saja. Hal ini dikarenakan ketika tanaman tesebut telah mati dalam kurun waktu tertentu, maka Anda akan membeli tanaman baru lagi. Untuk itu, Anda bisa memilih jenis tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus serta tahan dalam waktu yang lama.

Ada berbagai tips hemat berkebun yang patut Anda coba jika Anda menginginkan untuk meluapkan hobby berkebun namun memiliki uang yang tidak terlalu banyak. Untuk itu disarankan mengikuti tips hemat berkebun seperti yang tercantum di atas. Dengan cara ini, maka Anda akan bisa memuaskan keinginan Anda untuk memiliki kebun mini.

0 Response to "Mengupas 6 Tips Hemat Berkebun Yang Patut Anda Coba Di Rumah"

Posting Komentar