Ingin Menanam Bunga Mawar Dalam Pot? Ikuti 6 Langkah Mudah Berikut Ini

Tidak dipungkiri lagi bahwa semua orang mengenal jenis tanaman hias yang satu ini, sebab hampir setiap orang mencari bunga ini untuk keperluan yang beragam mulai dari mengungkapkan cinta kepada kekasih hingga untuk bunga tabur di pemakaman. Dengan ketenaran bunga mawar yang cukup mendunia, tidak mengherankan jika beberapa orang yang tidak memiliki lahan luas berinisiatif untuk menerapkan tips menanam bunga mawar dalam pot seperti berikut ini.

Bunga mawar yang tampak segar karena di rawat dengan benar.

1. Mempersiapkan bibit bunga mawar yang berkualitas
Hal yang pertama kali dilakukan dalam tips menanam bunga mawar dalam pot adalah dengan menyiapkan bibit tanaman bunga mawar yang bagus. Anda bisa berkunjung ke tempat penjual bunga yang kerap kali menjajakan bibit bunga mawar dengan berbagai jenis. Di sini, anda bisa meminta bantuan penjual dalam memilih bibit yang bagus dan pastinya terbebas dari penyakit.

Namun, jika anda tidak ingin berhemat, maka tips menanam bunga mawar dalam pot akan menyarankan anda melakukan stek. Dalam hal ini, anda bisa memilih batang bunga mawar yang tua dan kemudian potong dengan menggunakan pisau tajam. Dengan perbandingan media semai yang berupa tanah dan pupuk sebanyak 2 : 1, maka anda harus mengangin-anginkan selama 15 hari dan selanjutnya bisa anda tanami dengan mawar.


2. Mempersiapkan media tanam
Selain mempersiapkan bibit unggul, untuk tips menanam bunga mawar dalam pot yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam yang berupa tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1 : 4. Selepas itu, anda bisa membiarkannya selama 15 hari dan selanjutnya anda bisa gunakan sebagai media tanam bibit bunga mawar Perlu diingat bahwa pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk yang telah matang.

3. Mempersiapkan pot untuk menanam
Tips menanam bunga mawar dalam pot yang lain adalah dengan mempersiapkan pot sebagai wadah untuk menanam. Untuk jenis pot yang bisa anda gunakan bisa berupa pot tanah, pot plastik, pot semen ataupun polybag. Pastikan anda memilih pot yang memiliki system drainase yang baik dengan diameter sekitar 25 cm. Dengan cara ini, maka anda bunga mawar anda akan tumbuh dengan baik.

4. Teknik menanam bunga mawar
Hal lain yang perlu diperhatikan kaitannya dengan tips menanam bunga mawar dalam pot adalah cara penanamannya. Dalam hal ini, anda bisa meletakkan kerikil di dasar pot yang diikuti dengan media tanam yang berupa tanah sebanyak setengah bagian pot. Selanjutnya anda bisa mengambil benih mawar dari persemaian dan diletakkan di bagian tengah lalu ditambahkan dengan sisa tanah secukupnya. Setelah selesai, lakukan penyiraman dan letakkan pada daerah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Melakukan pemeliharaan bunga mawar
Untuk tips menanam bunga mawar dalam pot yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemeliharaan bunga mawar yang meliputi penyiraman serta penyiangan. Pada pemeliharaan, anda diminta untuk melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari sehingga akar tidak akan busuk. Selain itu, penyiangan dilakukan untuk menghindari tanaman mawar dari gangguan gulma.

6. Melakukan pemupukan
Pada tips menanam bunga mawar dalam pot, anda juga perlu untuk melakukan pemupukan yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan bunga mawar itu sendiri karena di dalam pupuk terdapat nutrisi yang diperlukan tanaman. Pada tahapan pemupukan, anda bisa menggunakan pupuk organic ataupun buatan seperti NPK yang bisa anda dapatkan di toko pertanian terdekat.

Untuk teknik pemupukan dengan menggunakan pupuk organic, maka pemupukan dilakukan dengan meletakkan pupuk di sekitar pangkal batang mawar dan pastikan tidak terlalu dekat dengan batang. Sedangkan untuk pupuk buatan bisa anda lakukan dengan menyiram campuran NPK  1 sendok dengan air 5 liter. Siram pangkal per 200 ml dengan tenggang waktu pemupukan setiap 15 atau 20 hari sekali.

Bagi anda yang menginginkan untuk melakukan budi daya tanaman mawar di pot, maka sangat disarankan untuk mengikuti beberapa tips menanam bunga mawar dalam pot di atas. Dalam tips menanam bunga mawar dalam pot ini, anda harus memberikan perhatian penuh mulai dari pemilihan bibit hingga perawatan yang meliputi pemupukan dan lain sebagainya. Menerapkan tips menanam bunga mawar dalam pot semacam itu, maka anda akan mendapatkan bunga mawar yang indah dan berkwalitas baik.

0 Response to "Ingin Menanam Bunga Mawar Dalam Pot? Ikuti 6 Langkah Mudah Berikut Ini"

Posting Komentar