Mengenal Seluk Beluk Teknik Berkebun Aquapotik

Selain teknik berkebun dengan sistem hidroponik, ternaya ada teknik berkebun lain yang saat ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat kota. Teknik yang menggabungkan antara teknik hidroponik dengan pembudidayaan ikan ini dikenal dengan istilah teknik berkebun aquaponik.

Teknik ini bangak diterapkan oleh masyarakat karena memberikan dua manfaat yang lebih karena seseorang yang menerapkan teknik ini akan mendapatkan hasil dari bekebun dan pastinya juga mendapatkan hasil dari budidaya ikan yang dilakukannya juga.

Penerapan teknik bercocok tanam aquapotik di halaman belakang rumah.

Selain memberikan manfaat double bagi seseorang yang menerapkannya, teknik berkebun aquaponik ini juga dikenal sebagai teknik tanam yang mampu untuk menghemat ketersediaan lahan, karena teknik ini tidak membutuhkan lahan yang sangat luas. Hal ini dikarenakan bahwa teknik ini akan menerapkan teknik penanaman tanaman dengan sistem tumpuk layaknya teknik hidroponik.

Jenis Teknik Menanam Aquaponik 

Pada dasarnya, teknik berkebun aquaponik ini hampir menyerupai teknik bertanam hidroponik namun hal yang membedakan dari sistem tanam ini adalah sumber nutrisi yang akan diberikan kepada tanaman akan didapat dari kotoran ikan yang terdapat di dalam aquarium. Jadi, bisa dikatakan bahwa sistem ini akan memanfaatkan pompa yang digunakan untuk menyerap air yang terdapat di dalam aquarium dan selanjutnya akan dijernihkan dan dipisahkan dari kotoran ikan tersebut.

Dalam teknik berkebun aquaponik ini, maka air yang mengandung kotoran ikan akan disalurkan ke tanaman sedangkan air yang telah dijernihkan dengan menggunakan filter akan dialirkan kembali ke aquarium. Jadi, bisa dikatakan bahwa teknik berkebun aquaponik ini merupakan teknik berkebun yang menafaatkan kotoran ikan sebagai nutrisi tanaman.

Dengan cara diatas, maka bisa disimpulkan bahwa tekni semacam ini sangatlah irit dan hemat. Pada hakikatnya, ada 3 jenis teknik aquapotik seperti yang dijelaskan pada berikut ini.

1.Aquapotik bermedia

Untuk teknik berkebun aquaponik yang satu ini, maka media yang akan digunakan adalah kerikil, tanah liat serta beberapa media yang lain. Sistem ini bisa dikategorikan sebagai sistem aquapotik yang sangat sederhana dan bisa diterapkan oleh mereka yang memang baru mengenal sistem aquapotik ini.

Selain itu, secara garis besar, sistem aquapotik bermedia ini masih dibagi lagi menjadi dua jenis yang didasarkan pada sistem aliran air yang terdapat di dalamnya. Pada sistem yang pertama, maka aliran air akan dialirkan menuju tanaman secara terus-menerus secara stabil atau konstan. Sedangkan untuk sistem yang kedua, maka air yang terdapat pada bedeng tanaman akan didesain menyerupai sistem pasang surut yang akan memberikan manfaat yang berupa ketersediaan oksigen yang akan memberikan pengearuh positif pada pertumbuhan tanaman.


2.Aquaponik Nutrient Film Technique (NFT)

Sedangkan jenis teknik berkebun aquaponik yang selanjutnya adalah teknik NFT atau yang dikenal dengan istilah aquapinik Nutrient Film Technique yang hanya diperuntukkan untuk tanaman jenis sayuran yang berdaun.

Untuk teknik ini, maka tanaman akan mendapatkan nutrisi pada aliran air yang menaglir pada saluran yang tertutup dengan tetap menjaga debit aliran air agar tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu lambat.
Pada sistem ini, maka tanaman akan ditempatkan pada suatu wadah yang didesain dengan lubang di bwahnya sehingga akar tanaman akan bisa menyentuh air dalam saluran tertutup tadi yang berasal dari kolam ikan.

3.Aquaponik deep water culture

Untuk teknik terakhir yang merupakan salah satu bagian dari teknik berkebun aquaponik ini merupakan salah satu teknik yang sering kali dimanfaatkan oleh seseorang yang menerapkan sistem aquaponik yang bertaraf komersial yaitu untuk keperluan bisnis.

Untuk cara kerja dari sistem ini adalah dengan mengalirkan air yang terdapat di dalam kolam dengan mnggunakan pompa yang akan melalui filter dan selanjutnya akan diarahkan menuju sebuah saluran yang merupakan tempat rakit terapung dengan berbagai tanaman di permukaan air.
Jenis teknik ini akan memberikan manfaat pada tanaman yaitu adanay ketersediaan bakteri nitrobacter yang akan membantu pertumbuhan tanaman.

Teknik berkebun aquaponik merupakan salah satu teknik berkebun yang menggabungkan dua hal yaitu pemeliharaan ikan serta tanaman yang akan diatur pada sebuah media yang nantinya akan memberikan manfaat ganda pada pelakunya yaitu hasil yang berupa ikan serta tanaman.

Teknik berkebun aquaponik ini selanjutnya dibagi menjadi tiga macam seperti yang dijelaskan di atas di mana setiap macamnya memiliki keunikan tersendiri. Dengan menerapkan salah satu dari teknik berkebun aquaponik ini, maka anda bisa menyalurkan hobi berkebun tanpa harus memikirkan lahan yang luas.

0 Response to "Mengenal Seluk Beluk Teknik Berkebun Aquapotik"

Posting Komentar