Cara Mudah Menanam Bawang Merah Dengan Benar

Menanam bawang merah dengan benar- Bawang merah merupakan bahan makanan yang paling sering digunakan untuk memasak. Sebenarnya jenis tanaman bawang merah dapat dibudidayakan di negara Kita. Sebab tanaman yang satu ini sangat menyukai daerah yang beriklim kering dengan sinar matahari yang cukup serta suhu udara yang agak panas, antara 250-320 Celcius. Maka metode menanam bawang merah dengan benar bisa Anda peroleh dari ulasan berikut ini.

Hasil panen bawang merah yang memuaskan karena metode penanam dilakukan dengan benar.

Tips Menanam Bawang Merah Dengan Benar

Bawang merah yang memiliki nama latin Allium cepa ini cocok ditanam di kondisi tanah yang subur, gembur dan memiliki banyak kandungan humus atau bahan organik. Selain itu, media untuk tumbuhnya juga harus diperhatikan sebab harus memiliki sirkulasi udara yang baik serta dapat mengalirkan air dengan mudah agar tidak becek. Simak tips menanam bawang merah dengan benar berikut ini:

1. Pemilihan waktu penanaman
Untuk menanam bawang merah dengan benar maka Anda memerlukan waktu tanam yang tepat. Waktu yang tepat untuk menanam bawang merah ialah pada musim kemarau. Namun dikarenakan pertumbuhannya memerlukan banyak air, maka harus disempurnakan pula dengan sistem pengairan yang baik, agar tanaman dapat subur dan keadaan tanah tidak becek.

2. Pemilihan bibit
Menanam bawang merah dengan benar artinya menginginkan hasil panen yang berkualitas. Untuk memperolehnya Anda perlu memilih bibit yang baik, yakni yang telah di simpan selama 2-3 bulan serta berasal dari tanaman yang dipanen pada rentang umur 70-90 hari. Pada umur tersebut umbi cocok dijadikan bibit sebab telah terdapat titik-titik tumbuh akar. Pilih bibit dari tanaman yang sehat, cirinya: nampak segar nan cerah, tak ada warna kehitaman yang merupakan tanda jamur. Sebelum ditanam, potong ujung umbi sekitar 1/3-1/4 bagian dari panjang. Dan untuk kulit luar bibit yang mengering dan sisa akarnya sebaiknya dibuang saja.

3. Pengolahan tanah
Tips menanam bawang merah dengan benar selanjutnya ialah mengolah tanah sebelum proses penanaman. Caranya dengan menggemburkan tanah dengan alat cangkul, bajak ataupun traktor apabila lahannya luas. Kemudian buat bedengan dengan menempatkan parit di antara bedengan tersebut. Fungsinya untuk tempat air masuk dan keluar yang berlebih. Seminggu sebelum penanaman,  tanah bedengan wajib diberikan pupuk kandang atau kompos, lalu diratakan. Dan sehari sebelum ditanam, lahan harus mendapat suplai air yang cukup.

4. Perlindungan dari hama
Dalam rangka melindungi tanaman bawang merah dari hama, Anda dapat melakukan beberapa kiat, di antaranya:
  1. Mengumpulkan dan memusnahkan daun-daun bawang dan paket telur yang sudah menunjukkan gejala terserang hama.
  2. Bawang yang sudah terkena penyakit layu fusarium harus dicabut dan dimatikan agar serangannya tidak menular.
  3. Untuk penyemprotan insektisida disarankan menggunakan spuyer kipas, sebab butiran yang dihasilkan lebih halus daripada spuyer holcone 4 lubang serta mampu menghemat penggunaan insektisida lebih dari 40%. Sebaiknya penyemprotan dilakukan pada sore hari, sebab hama tersebut aktif pada malam hari.

Metode Menanam Bawang Merah Dengan Benar

Untuk teknik penanaman bawang merah, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Berilah lubang-lubang kecil pada bedengan dengan jarak tanam sekitar 15x15 cm atau 15x20 cm. Lalu masukkan umbi bibit ke dalam lubang dengan cara meletakkan bagian ujung pada sisi atas. Yang perlu diperhatikan jangan menanam bibit terlalu dalam. usai ditanam, siram bedengan dengan air.
  2. Tanaman bawang merah harus disiram hingga daun pertama tumbuh, pada pagi dan sore hari. Jika umur tanaman sudah 50 hari baru bisa disiram satu kali sehari. 
  3. Metode menanam bawang merah dengan benar selanjutnya ialah dengan memberikan pupuk alami ataupun buatan. Pemupukan tahap pertama harus menggunakan pupuk kompos kurang lebih 10-15 ton per hektar. Dan untuk pupuk susulan diberikan dengan cara membenamkan pada tanah yang diberi jarak 10 cm dari tanaman atau dengan upaya menaburkannya tiap baris tanaman. 

Untuk mendapatkan hasil bawang yang berkualitas, maka lakukan metode menanam bawang merah dengan benar tersebut. Lalu jaga tanaman dari hama dan gulma dengan beberapa upaya yang telah disebutkan di atas.

0 Response to "Cara Mudah Menanam Bawang Merah Dengan Benar"

Posting Komentar