Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Sistem Hidroponik

Dewasa ini, perkembangan cara berkebun dengan melibatkan berbagai teknik dan media berkembang sangat besar dimana hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas hasil tanam. Salah satu jenis teknik berkebun yang telah lama dikenal adalah sistem hidroponik yang memanfaatkan air. Sebelum Anda mengenal lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, terlebih dahulu Anda mengenal seluk beluk penanaman tumbuhan dengan sistem ini.

Sayur sawi yang ditanam secara hidroponik.

Mengenal Sistem Tanam Hidroponik

Sebagian petani tradisional mungkin kurang memahami sistem tanam hidroponik yang mampu meningkatkan kualitas panen. Untuk mendapatkan kualitas hasil yang bagus, maka seorang petani harus mampu menjaga tingkat kelembapan rumah kaca yang dijadikan sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, sebagai pemula Anda harus mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik.

Kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, maka penggunaan media tanam yang berupa pasir bisa digantikan dengan batu, kerikil, air ataupun pecahan genteng. Terlepas akan hal itu, mungkin sebagian orang awam akan bertanya apakah teknik penanaman semacam ini mampu mendatangkan hasil yang melimpah atau tidak. Namun, dengan perawatan serta perlakuan yang baik maka tanaman ini bisa mendatangkan rupiah bagi pemiliknya.

Jenis Tanaman Untuk Sistem Hidroponik

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, maka bisa dikatakan bahwa hampir semua jenis tanaman akan menghasilkan hasil yang melimpah. Beberapa tanaman seperti tanaman jenis sayuran yang meliputi sawi, selada, cabai, sledri, bawang merah dan beberapa jenis tanaman sayur lainnya juga bisa tumbuh dengan media tanam semacam ini.

Selain tanaman sayur, jenis tanaman buah seperti melon, tomat, mentimun, strawberry dan jenis tanaman buah lainnya juga memiliki daya tumbuh yang baik ketika diaplikasikan ke dalam teknik tanam tanpa menggunakan tanah ini. Oleh sebab itu, di beberapa daerah di Indonesia ada sekelompok orang yang juga menerapkan sistem tanam semacam ini untuk budidaya strawberry.

Tidak hanya tanaman sayur ataupun buah saja yang akan tumbuh subur dengan menerapkan teknik semacam ini, namun tanaman hiaspun juga akan memberikan hasil yang cukup menggembirakan dengan munculnya bunga yang cukup indah. Beberapa tanaman hias yang dibudidayakan dengan teknik hidroponik adalah bunga krisan, anggrek, kaktus dan jenis bunga lainnya. Oleh sebab itu, dengan adanya kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, teknik ini juga mulai mendapatkan perhatian masyarakat.

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Sistem Hidroponik

Salah satu yang membuat teknik tanam ini mulai digandrungi oleh para petani atau masyarakat yang gemar berkebun adalah adanya kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik yang jauh berbeda dengan sistem tanam tradisional. Berikut ini beberapa kelebihan yang sering kali dianggap sebagai alasan diterapkannya sistem tanam ini pada beberapa jenis tanaman.
  1. Membuat lingkungan berkebun Anda lebih bersih, sebab media tanam yang digunakan pada sistem tanam ini bukan berasal dari tanah melainkan kerikil, air dan lain sebagainya.
  2. Terkait dengan pertumbuhan tanaman, untuk penerapan teknik ini Anda akan mendapatakan hasil yang lebih cepat sebab nutrisi yang diserap oleh tanaman dalam bentuk cair sehingga akan mempengaruhi percepatan didapatkannya hasil tanam.
  3. Teknik tanam ini juga lebih efisien terkait dengan media tanam yang digunakan.
  4. Dengan menerapkan teknik ini, aktivitas berkebun Anda tidak terlalu membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang banyak sebab penerapan teknik ini bisa dilakukan sendiri mulai dari perawatan hingga masa panen telah tiba.
Kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, ternyata penerapan teknik menanam sistem hidroponik ini juga mendatangkan beberapa kerugian bagi pelakunya, sehingga untuk memulai menjalankan teknik ini, Anda harus berhati-hati. Berikut ini beberapa kekurangan yang kerap kali dijumpai dalam sistem hidroponik.
  1. Modal awal untuk membangun sistem tanam ini sangatlah besar sehingga Anda harus mempersiapkan dana yang cukup untuk membangun sistem tanam semacam ini.
  2. Pengontrolan asupan nutrisi pada tanaman harus dijaga dengan teliti sehingga tanaman akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang besar.
  3. Diperlukan ketrampilan khusus dalam mengelola tanaman dengan teknik tanam semacam ini serta kreatifitas dalam membuat peralatan tanam hidroponik.
Dalam menerapkan teknik tanam hidroponik, sebagai seorang pemula Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, sebab teknik tanam ini tidak akan berhasil jika ditangani tanpa ada ketrampilan khusus. Selain itu, kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, Anda juga harus melakukan persiapan dana yang cukup untuk mendapatkan panen yang melimpah.

0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Sistem Hidroponik"

Posting Komentar