Ingin Membuat Bonsai? Pilih Salah Satu Dari 6 Jenis Berikut Ini

Bonsai merupakan salah satu seni mengkerdilkan tanaman yang telah lama diperkenalkan oleh masyarakat Jepang dan Cina. Bahkan, tanaman bonsai yang dibuat dengan menghambat pertumbuhan tanaman yang ditempatkan dalam media pot yang kecil ini juga memiliki berbagai bentuk yang unik dan menarik sehingga tidak mengherankan jika beberapa orang di dua negara tersebut sering kali memperlombakan bonsai karya mereka. Di Indonesia, bonsai juga sudah dikenal oleh masyarakat luas dan berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias untuk bonsai yang bisa Anda jadikan pilihan.

Tanaman hias bonsai cukup ideal untuk menghiasi ruangan.

1. Asam Londo
Jenis tanaman hias untuk bonsai yang pertama adalah asam londo yang merupakan jenis tanaman yang berasal dari luar negeri, tepatnya dari BelAnda. Tanaman asam londo ini memiliki bentuk yang mirip dengan tanaman asam jawa pada umumnya saja dan asal tanaman inilah yang membedakan di antara keduanya. Digunakannya tanaman asam lodo sebagai bonsai dikarenakan bentuknya yang sangat unik, kokoh dan pastinya memiliki usia hidup yang cukup lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bonsai.

2. Beringin karet
Selain asam londo, jenis tanaman hias untuk bonsai lainnya adalah beringin karet yang memiliki sifat batang yang lentur. Tidak kalah dengan asam londo, jenis tanaman ini juga memiliki bentuk yang sangat bagus dan unik sehingga akan lebih mempesona jika tanaman ini disulap menjadi bonsai. Tidak hanya itu saja, jenis tanaman hias untuk bonsai yang satu ini juga memiliki daun yang cukup lebat sehingga bisa dibentuk sesuai dengan selera.

3. Cemara Duri
Selain dua jenis tanaman hias untuk bonsai di atas, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman cemara duri yang memiliki tekstur kayu yang cukup keras dan serat kayu yang sangat unik untuk dijadikan bonsai. Hal yang paling menakjubkan dari jenis tanaman hias untuk bonsai ini adalah usia hidupnya yang bisa mencapai ratusan tahun sehingga menambah keunikan dari tanaman bonsai tersebut. Dengan daun yang berbentuk runcing, tanaman cemara duri ini sangatlah mudah dibentuk dan pastinya memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

4. Santigi
Jenis tanaman hias untuk bonsai yang satu ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun di kalangan masyarakat Taiwan, jenis tanaman ini sudah dikenal luas sebagai tanaman hias yang cocok untuk dijadikan sebagai bonsai. Tanaman yang memiliki dua spesies yang meliputi santigi laut dan santigi gunung ini memiliki dua jenis bunga yang berbeda namun sama-sama menarik. Untuk jenis santigi laut yang tumbuh di pantai, bunga yang dihasilkan berwarna merah dengan ukuran yang besar, sedangkan santigi gunung yang kerap kali ditemukan di dataran tinggi ini memiliki bunga yang lebih bagus dari santigi laut, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman bonsai.

5. Bunga Bougenville
Selain santigi, jenis tanaman hias untuk bonsai yang selanjutnya adalah bunga bougenville yang memiliki keindahan bunga yang mempesona. Dengan warna bunga yang cerah dan selalu tumbuh lebat, tanaman ini telah menarik para tangan terampil untuk disulap menjadi sebuah tanaman bonsai yang sangat mempesona dengan variasi bunga yang beragam seperti ungu, merah ataupun putih.

6. Bunga Azela
Di samping beberapa jenis tanaman hias untuk bonsai di atas, Anda juga bisa menggunakan tanaman bunga azela yang memiliki warna bunga yang sangat cerah dan mempesona. Jenis tanaman hias ini banyak sekali diubah menjadi bentuk yang unik oleh beberapa orang Cina. Sayangnya, tanaman ini belum banyak tersebar di Indonesia. Salah satu alasan digunakannya tanaman ini menjadi bonsai adalah warna merah bunganya yang sangat erat berkaitan dengan orang Cina yang juga menyukai warna merah.

Ada berbagai jenis tanaman hias untuk bonsai yang saat ini berkembang di beberapa wilayah baik di Indonesia maupun di beberapa negara di asia lainnya. Keindahan dari tanaman bonsai ini telah menarik banyak orang dengan dijadikannya sebagai dekorasi interior ruangan yang akan menambah kesan mempesona.

0 Response to "Ingin Membuat Bonsai? Pilih Salah Satu Dari 6 Jenis Berikut Ini"

Posting Komentar