Teknik Menanam Durian di Dalam Pot

Apakah bisa menanam buah durian didalam pot? Penasaran bukan? Nah, inilah hal yang populer diperbincangkan belakangan ini. Ternyata, ada-ada saja ide kreatif dalam bercocok tanam dan buktinya bisa saja ide menanam buah durian didalam pot ini diterapkan. Mungin Anda merasa bahwa teknik penanaman durian ini cukup rumit dan mustahil untuk dilakukan, namun sebelum Anda berfikir demikian maka sebaiknya simak terlebih dahulu ulasannya yang telah dituliskan d bawah.

Pamor buah durian semakin melonjak karena rasa manis dan nikmatnya yang tiada duanya. Tak heran bila buah durian dicari banyak orang di seluruh penjuru karena saat mencicipinya pasti aura ketagihan menyelimuti lidah. Membudidayakan buah durian ternyata juga bisa menjadi ladang rezeki bagi siapa yang menggelutinya. Buktinya, saat ini sudah banyak para petani yang membudidayakan buah ini dalam jumlah besar, bahkan mencapai ratusan pohon.

Selain di kebun, buah durian juga dapat di tanam menggunakan media pot namun banyak hal yang perlu diperhatikan.

Untuk menanam buah durian didalam pot memerlukan waktu serta tenaga yang ekstra. Hal ini karena menanam durian tidak segampang saat menanam di media tanah.  Media pot bervolume terbatas sehingga dapat membatasi tumbuhnya akar sehingga kebutuhan unsur hara untuk tanaman bisa tersendat. Salah satu unsur yang dimaksud yakni terbatasnya area pertumbuhan akar, dan hal tersebut membutuhkan perhatian.

Untuk mengatasi kendala tersebut kita dapat menyiasatinya dengan memenuhi unsur hara sesuai dengan kebutuhan tanaman didalam pot.Berikan perawatan dan perhatian khusus agar durian dapat tumbuh dengan baik dan subur hingga berbuah. Dengan begitu, upaya menanam buah durian didalam pot bisa tumbuh seperti biasanya. Oleh sebab itu, dalam menanam buah durian didalam pot juga harus memperhatikan asupan nutrisi serta gizi tambahan supaya tanaman dapat terasupi nutrisi dan tumbuh dengan prima.

Hal yang tak boleh dilupakan dalam menanam buah durian didalam pot adalah menggunakan media seperti tanah liat dan pupuk kandang dengan seimbang. Gunakan perbandingan 1:1 yang berarti memberikan kebutuhan antara pupuk dan tanah liat sama besar. Sesudah cukup umur, pindahkan tanaman durian ke media pot yang lebih besar karena pohonnya akan semakin besar pula.

Contoh pot yang besar ini adalah drum besar dan beri pupuk lagi berupa 2 sendok makan atau sekitar 20 gram pupuk fosfor berupa TSP. Pemberian pupuk tersebut memiliki tujuan untuk menjaga pertumbuhan akar agar semakin maksimal. Kemudian taburkan pula furadan guna meminimalisir kemunculan potagen didalam tanah karena patogen umumnya akan menyebabkan menurunnya kesuburan tanah sehingga memberikan dampak nekatif terhadap pertumbuhan durian.

Supaya ukurannya sepadan atau hampir sama maka berikan jenis pupuk fosfor diatasnya. Agar tanaman tumbuh maksimal, sebaiknya pindahkan durian ke dalam tanah. Namun, jika anda tak memiliki lahan bisa saja tetap membiarkannya berada dalam pot besar. Jika anda memindahkannya ke dalam tanah maka beri pupuk TSP dan furadan dengan dosis yang sama.

Jangan lupa menyiramnya dengan teratur agar tanaman tak lekas layu dan semakin tumbuh dengan baik. Karena merawat tanaman ini hingga berbuah manis membutuhkan keuletan dan ketelatenan yang luar biasa. Jika menemukan masalah terkait dengan menanam buah durian didalam pot lekas cari solusi yang tepat. Tak perlu khawatir gagal, terus mencoba adalah solusi yang paling cerdas.

0 Response to "Teknik Menanam Durian di Dalam Pot"

Posting Komentar