Ketahui 5 Hal Pokok Berikut Ini Untuk Memulai Bekebun Sayuran Organik

Berkebun merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang, terutama menanam berbagai jenis sayuran organi. Bahkan, kegiatan berkebun juga bisa dijadikan hobby yang pastinya secara tidak langsung juga mampu untuk mendatangkan rupiah. Wajar saja bila saat ini sudah sangat banyak para pekebun yang berpenghasilan lebih.

Menanam sayuran organik sebenarnya dapat dilakukan di halaman belakang rumah.

Panduan Berkebun Sayuran Organik

Bagi seorang pemula yang ingin menekuni perihal berkebun, maka ada baiknya Anda terlebih dahulu mencoba untuk menanam sayuran organik yang kerap kali diolah menjadi menu makanan sehari-hari. Untuk itu, sebelum mengawali kegiatan berkebun, alangkah baiknya Anda mengenal tips berkebun sayuran organik bagi pemula berikut ini.

1. Pastikan lahan pertanian akan terpapar sinar matahari yang cukup

Tips berkebun sayuran organik yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu adalah dengan melakukan persiapan lahan yang akan digunakan sebagai media tanam. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk menyiapkan lahan yang akan mendapatkan pancaran sinar matahari selama 8 jam.

Hal ini dikarenakan bahwa sayuran organik yang Anda tanam memerlukan sinar matahari yang digunakan untuk melakukan fotosintesis. Dengan memperhatikan tips berkebun sayuran organik  ini, maka Anda bisa menentukan tempat mana yang cocok dijadikan sebagai lahan dalam berkebun sayuran organik.

2. Mulailah kegiatan berkebun pada lahan yang tidak terlalu luas

Sebagai seorang pemula, maka tips berkebun sayuran organik  yang selanjutnya adalah dengan mengawalinya pada lahan yang tidak terlalu luas semisal 50 kaki persegi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan Anda agar tidak kewalahan dalam mengolah lahan. Tanamlah beberapa jenis sayuran yang meliputi sawi, bayam ataupun selada air dan pastikan tanaman Anda terawat secara intensif.

3. Pastikan Anda menggunakan tanah yang subur

Untuk selanjutnya terkait dengan tips berkebun sayuran organik  adalah dengan memastikan bahwa tanaman sayuran organik  yang akan Anda tanam berada pada lahan yang memiliki tanah yang gembur.

Anda bisa menambahkan lapisan kompos, jerami ataupun daun mulsa di atas bidang tanah setebal 2 – 4 inchi yang akan ditanami sayuran organik . Dengan melakukan tips berkebun sayuran organik  ini, maka bisa dikatakan bahwa lahan yang akan ditanami sayuran organik  akan menjadi subur.

4. Penerapan penggunaan pupuk

Hal lain yang perlu Anda perhatikan kaitannya dengan tips berkebun sayuran organik  adalah dengan memperhatikan penggunaan pupuk yang akan mempercepat pertumbuhan sayuran organik  tersebut. Untuk permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan pupuk cair yang terdiri dari mineral maupun pupuk ikan. Pemilihan pupuk ini dikarenakan nutrisi yang terdapat dalam pupuk cair semacam itu sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman. Lakukan proses pemupukan dalam kurun waktu sebulan sekali.

5. Pastikan Anda memanfaatkan peran mikroba

Perlu Anda ketahui bahwa dalam tips berkebun sayuran organik  ini juga akan membutuhkan peran mikroba yang juga akan membantu dalam pertumbuhan sayuran tersebut.

Untuk keperluan itu, maka Anda bisa mengambil mikroba yang terdapat di dalam teh kompos yang berupa inokulan mikroba. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan sayuran organik , Anda bisa menebarkan kompos pada lahan karena sangat baik dalam meningkatkan kadar kesuburan tanah.

Sebagai seorang pemula, maka sangat disarankan untuk mengetahui seluk beluk kaitannya dengan berkebun melalui mengenal tips berkebun sayuran organik. Untuk mengawali kegiatan berkebun sayuran organik.

Anda harus memperhatikan tips berkebun sayuran organik  yang meliputi penggunaan pupuk, luas lahan yang akan digunakan dan beberapa hal lainnya seperti yang tercantum di atas. Dengan cara ini, maka bisa dipastikan bahwa kegiatan berkebun sayuran organik  Anda akan semakin berkembang dan pastinya bisa Anda jadikan sebagai lahan bisnis baru.

0 Response to "Ketahui 5 Hal Pokok Berikut Ini Untuk Memulai Bekebun Sayuran Organik"

Posting Komentar