Cara Berkebun Praktis Dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Kegiatan yang menyita banyak waktu dan merepotkan adalah gambaran mindset anda ketika mendengar istilah berkebun. Namun tidak perlu memikirkan sejauh itu karena sebenarnya berkebun adalah hal yang menyenangkan apabila kita mampu menikmatinya.

Salah satu cara berkebun praktis dengan menggunakan pipa bekas sebagai tempat untuk menanam.

Selain menyenangkan kegiatan ini juga bisa melatih fisik dan otak kita untuk terus beraktifitas sehingga bisa mencegah berbagai macam penyakit dan menghilangkan stress juga penyakit kepikunan atau alzaimer. Jika anda masih saja berfikir tentang repotnya berkebun mungkin anda perlu membaca dan menyimak lebih lanjut keterangan seputar cara berkebun praktis di bawah ini:

1. Cara berkebun praktis dengan lampu hias
Cara berkebun praktis yang pertama bisa dilakukan pada lampu hias yang sudah tak terpakai. Mungkin bagi anda yang belum pernah mencoba dan hanya sekedar membayangkan akan terdengar sangat aneh. Memang aneh tapi nyata pasalnya di lingkungan perkotaan seringkali alasan yang muncul dari mulut penduduk untuk tidak berkebun adalah sempitnya lahan.

Nah, penggunaan lampu hias ini bisa menghapus alasan itu, bahwa tanpa lahan yang luas pun kita dapat menanam bunga dan melestarikan penghijauan. Ya, salah satunya adalah menanam pada bekas lampu hias ini.

Caranya adalah letakkan tanah yang cukup dan berikan pupuk pada tanah yang kemudian dimasukkan ke dalam lampu bekas yang sudah dilubangi terlebih dahulu. Barulah bunga ditanam di dalamnya dan lakukan penyiraman setiap harinya. Tambahkan kawat gantung agar bisa lebih terlihat menarik bagi orang yang melihatnya.

2. Memanfaatkan meja bekas
Mungkin anda menganggap ini adalah hal yang mustahil dan jikapun ada anda tidak akan melakukannya. Cara berkebun praktis yang kedua adalah memanfaatkan meja bekas lengkap dengan laci-lacinya untuk menanam bunga. Namun agar terlihat lebih indah warnai terlebih dahulu meja bekas anda agar terlihat lebih indah.

Setelah siap, meja bisa langsung anda masukkan tanah dan pupuk lalu tanam bunga ataupun pohon mini seperti tanaman suruh dan bunga-bunga yang anda suka. Selain praktis, pot dari meja ini juga dapat terisi banyak bunga sekaligus. Jika anda penasaran, segera coba dan buktikan hingga anda mampu mencari sisi menarik.

3. Berkebun praktis dengan media topi bekas
Setelah dua cara berkebun diatas, kini giliran topi sebagai pengganti potnya. Topi yang berbahan dasar anyaman lebih punya nilai estetis. Caranya adalah dengan memanfaatkan pot gantung kecil ataupun botol bekas kemudian letakkan topi yang telah dilubangi sesuai selera untuk menutupi pot di dalamnya sehingga akan terbentuk seperti topi yang ditumbuhi bunga.

Tempelkan topi berbunga pada tembok dengan model dan jumlah sesuai selera. Dijamin anda akan mendapat pujian karena keunikan vas bunga yang lain dari yang lain.

4. Cara berkebun praktis dengan menata tanaman secara vertikal
Menata tanaman gantung secara horizontal sudah sering kita temui di berbagai tempat. Ada satu cara unik dan berbeda terkait penataan tanaman yaitu secara vertikal atau bertumpuk ke atas. Jumlahnya pun bisa lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang tertata horizontal.

Caranya hanya dengan menempelkan tanaman pada tembok atau dinding secara bertumpuk dengan menggunakan bekas kantong motor. Jangan berkomentar sebelum anda mencobanya sendiri di rumah.

5. Berkebun dengan menggunakan kantong serbaguna
Kantong serbaguna yang biasa anda gunakan untuk menaruh barang-barang bisa dimanfaatkan sebagai pot dan termasuk cara berkebun praktis. Anda tidak harus berpikir panjang mengenai lahan sempit karena dalam satu gantung anda bisa mengisinya dengan sekitar 16 jenis bunga untuk setiap kantongnya.

6. Berkebun praktis menggunakan paralon bekas
Cara berkebun praktis yang terakhir adalah dengan menggunakan paralon bekas berukuran sedang dengan memotong bagian atasnya untuk kemudian diisikan media barulah dimasukkan bibit tanaman pada paralon tersebut. Untuk menghemat tempat, satu paralon dapat ditumpuk dengan paralon lainnya sehingga dalam satu tempat dapat terisi sekitar 3 hingga 4 paralon.

Demikianlah beberapa cara berkebun praktis yang dapat anda terapkan di rumah anda meskipun dengan lahan yang sempit namun keasrian rumah harus tetap dijaga. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Berkebun Praktis Dengan Memanfaatkan Barang Bekas"

Posting Komentar