Cara Menyuburkan Tanah Yang Patut Anda Ketahui Untuk Meningkatkan Hasil Panen

Ketika Anda bermaksud untuk menanam sesuatu pada suatu lahan, maka ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan guna mendapatkan hasil tanam yang bagus. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil bertanam adalah kualitas tanah yang dijadikan sebagai media tanam. Keseuburan tanah sejatinya memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas tanaman yang dihasilkan nantinya, tanah yang kurang subur tentunya akan memberikan dampak buruk terhadap tanaman, bahkan tanaman tersebut bisa saja mati sebelum masa panen.

Seorang pekebun sebaiknya memahami cara untuk menjaga atau meningkatkan kesuburan tanah agar memperoleh hasil panen yang maksimal.

Dalam hal ini, sebagai seorang petani yang berkecimpung dalam kegiatan berkebun entah itu dengan skala besar maupun kecil perlu untuk mengetahui cara mudah menyuburkan tanah. Dengan mengetahui hal ini, maka Anda akan bisa meningkatkan hasil panen juga dan tentunya dapt meningkatkan keuntungan dari hasil penjualan hasil kebun Anda.

8 Cara Mudah Menyuburkan Tanah

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kesuburan tanah memainkan peranan penting untuk kualitas hasil kebun nantinya. Berikut ini beberapa cara yang patut Anda terapkan sehingga kualitas tanah pada kebun Anda tergolong subur.

1. Menerapkan teknik pelapisan atau layering

Cara mudah menyuburkan tanah yang pertama adalah dengan menerapkan pelapisan pada tanah tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa memilih dua teknik pelapisan yang meliputi pelapisan gali ataupun pelapisan tanpa gali di mana kedua jenis pelapisan ini memiliki karakteristik tersendiri dalam penerapannya.

Untuk teknik yang pertaman kaitannya dengan cara menyuburkan tanah dengan melakukan pelapisan adalah teknik gali, di mana Anda akan menggali tanah pada kedalaman tertentu yang kemudian dimasuki bahan organik yang selanjutnya ditutup dengan tanah dan dibuat berlapis-lapis. Selain itu ada teknik tanpa gali yang menerpakan penumpukan bahan organik yang dilapisi oleh tanah.

2. Menambahkan kotoran binatang

Dalam cara mudah menyuburkan tanah, sebagai usaha dalam mempercepat proses penguraian, maka penambahan kotoran hewan sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan kandungan nitrogen mampu meningkatkan kadar unsur hara dalam proses layering. Untuk hasil yang lebih baik, Anda disarankan untuk menggunakan kotoran hewan yang berasal dari jenis hewan pemakan rumput yang telah berusia lebih dari tiga bulan.

3. Memanfaatkan perkembang biakan binatang di bawah tanah

Langkah selanjutnya pada cara mudah menyuburkan tanah adalah dengan memanfaatkan mikro organisme yang hidup di dalam tanah seperti cacing untuk membantu proses penguraian bahan organik. Pastikan juga jika proses penyuburan tanah yang Anda lakukan tidak terkontaminasi dengan berbagai zat kimia dari pestisida yang mampu merusak mikro organisme dalam tanah sehingga kesuburan tanah akan tetap terjaga.

4. Manfaatkan peran ayam

Peran  ayam ternyata juga mampu membantu Anda dalam menjalankan cara mudah menyuburkan tanah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurung ayam di sekitar lokasi tanah yang akan disuburkan dengan diberikan berbagai bahan organik yang nantinya ayam akan mengais serta mematuknya menjadi bagian kecil yang mudah terurai oleh mikro organisme. Apalagi dengan adanya kotoran ayam, maka bahan organik akan lebih cepat terurai.

5. Penebaran mulsa organik

Pada cara mudah menyuburkan tanah, maka Anda disarankan untuk menebarkan berbagai bahan organik di atas lapisan tanah yang disuburkan guna menjaga kelembapan serta memberikan nutrisi tambahan pada tanah. Dengan peapisan mulsa ini, maka lambat laun akan mengalami penguraian dan Anda bisa melapisinya dengan mulsa yang baru. Beberapa contoh mulsa organik seperti potongan rumput, kulit buah, jerami dan lain sebagainya.

6. Melakukan penanaman mulsa hidup

Tidak hanya penebaran bahan organik saja, dalam cara mudah menyuburkan tanah, Anda juga perlu menanam mulsa hidup seperti semanggi yang mendukung dalam menjaga kelembapan tanah serta meningkatkan nutrisi tanah. Penanaman semanggi akan memberikan dua manfaat yang berupa terbentuknya kompos dari runtuhan daun semanggi juga adanya peningkatan kadar nitrogen yang akan membantu dalam proses penyuburan tanah.

7. Memanfaatkan peran rumput

Peran rumput dalam cara mudah menyuburkan tanah sangat penting sebab beberapa rumput memiliki sistem perakaran yang mampu menembus bagian bawah bebatuan di dalam lapisan tanah yang juga mengandung mineral. Dengan terserapnya mineral tersebut, maka akan tersimpan pada daun serta bisa digunakan sebagai mulsa yang akan membantu dalam menyuburkan tanah.

8. Melakukan sistem tumpangsari

Dalam cara mudah menyuburkan tanah, menanam dua jenis tanaman secara berdampingan juga akan membantu dalam membuat tanah menjadi subur, sebab ketika tanaman tersebut hidup maka pembagian nutrisi yang diperoleh salah satu tanaman bisa dilakukan pada saat tanaman masih hidup ataupun mati.

Dalam hal ini ketika masih hidup tanaman itu bisa saling berbagi nutrisi sedangkan ketika mati, maka salah satu tanaman akan menjadi mulsa.

Keadaan tanah yang subur sangat membantu dalam proses pertumbuhan tanaman sehingga beberapa pihak turut mendukung dalam menyuburkan tanah dengan berbagai cara. Beberapa cara mudah menyuburkan tanah di atas bisa dijadikan alternatif solusi permasalahan atas kondisi tanah yang kurang baik. Dengan demikian, maka pertumbuhan tanaman akan terjaga dengan baik.

0 Response to "Cara Menyuburkan Tanah Yang Patut Anda Ketahui Untuk Meningkatkan Hasil Panen"

Posting Komentar