Menanam Kubis di Pekarangan Rumah

Cara mudah menanam kubis- Kubis merupakan salah satu sayuran yang banyak disukai karena bisa dimasak menjadi berbagai olahan masakan. Kubis juga bisa dimakan dalam keadaan masih mentah sebagai lalapan. Untuk memperoleh kubis juga sangat mudah karena banyak dijual di pasar tradisional bahkan hingga supermarket. Harga kubis juga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh segala kalangan.

Tidak hanya membutuhkan lahan yang luas, sayur kubis juga bisa kita tanam di area pekarangan rumah.

Sayur kubis memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Permintaan kubis selalu naik dari tahun ke tahun seiring semakin banyaknya permintaan. Kubis memiliki ciri khas daun lebar dan memiliki beberapa jenis yaitu kubis putih, hijau, merah atau ungu. Akan tetapi yang sering dikonsumsi adalah kubis putih dan hijau.

Panduan Menanam Kubis di Pekarangan Rumah

Untuk menanam kubis sebetulnya sangat mudah yang terpenting adalah memilih benih yang bagus dan kondisi wilayah yang cocok. Perawatan kubis juga harus diperhatikan agar menghasilkan tanaman kubis yang optimal. Cara mudah menanam kubis bisa dipraktikkan sendiri di rumah karena tidak terlalu rumit dan bisa ditanam di pekarangan rumah.

Cara mudah menanam kubis mungkin belum banyak diketahui sehingga banyak yang masih ragu untuk mencobanya. Berikut akan dijelaskan cara mudah menanam kubis di pekarangan rumah.

1. Memilih Benih

Cara mudah menanam kubis yang pertama adalah memilih benih. Pilihlah benih kubis yang berkualitas bagus dan bisa dibeli di toko tanaman. Pemilihan benih yang tepat akan menghasilkan tanaman kubis yang sehat dan tumbuh dengan subur, sehingga akan menghasilkan panen yang memuaskan.

2. Menyiapkan pekarangan

Menanam kubis di pekarangan rumah dapat dilakukan dengan menggemburkan tanah di pekarangan dengan cara dicangkul. Untuk membantu menyuburkan tanah pekarangan, tambahkanlah pupuk kandang dan pupuk kompos dengan komposisi yang tepat. Campurlah tanah dengan pupuk dan diamkan selama satu minggu. Setelah satu minggu, tanah tersebut bisa digemburkan kembali sebagai tempat menanam benih kubis.

3. Menanam kubis

Cara mudah menanam kubis di pekarangan pada tahap ini dilakukan dengan membuat lubang di tanah yang telah digemburkan. Lubang tersebut memiliki kedalam 2 cm dan jarak antar lubang sekitar 25 hingga 50 cm. Pastikan jarak antar tanaman tidak terlalu dekat agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman kubis. Masukkan benih atau biji kubis yang telah disiapkan ke dalam lubang kemudian tutup dengan tanah. Lakukan hingga semua lubang terisi dengan benih kubis.

4. Penyiraman

Setelah benih kubis ditanam, cara mudah menanam kubis selanjutnya yakni benih kubis bisa disiram secara rutin agar selalu lembab hingga benih itu tumbuh menjadi tunas. Penyiraman ini sebaiknya dilakukan menjelang siang hari, yakni antara jam 9 hingga jam 10 pagi agar tanah yang menutupi benih tidak kering akibat terpapar sinar matahari.

5. Pemeliharaan

Untuk memelihara tanaman kubis bisa dilakukan dengan membuang daun yang telah rusak agar tidak membusuk dan mengganggu pertumbuhan tanaman kubis. Hilangkan juga ulat yang terdapat di tanaman kubis serta berilah pupuk secukupnya untuk membantu kesuburan tanaman kubis. Pastikan tanah selalu dalam keadaan lembab agar tanaman kubis dapat tumbuh dengan baik.

6. Masa Panen

Jika tanaman kubis sudah memperlihatkan kepala kubis yang berukuran besar dan berwarna putih maka kubis sudah siap  untuk dipanen. Cara memanen kubis ini bisa dilakukan dengan memotong kepala kubis sebelum kepala kubis tersebut terbuka. Jika kepala kubis telah terbuka biasanya mudah terserang hama penyakit.

Itulah penjelasan mengenai serta panduan mengenai cara mudah menanam kubis di pekarangan rumah. Cara diatas cukup mudah untuk dipraktikkan di pekarangan rumah sehingga bisa menikmati hasil jerih payah menanam kubis selain itu juga bisa dijual untuk menambah pemasukan. Kini tak perlu ragu untuk mencoba menanam kubis, karena dengan cara tanam yang tepat maka tanaman kubis bisa tumbuh dengan baik.

0 Response to "Menanam Kubis di Pekarangan Rumah"

Posting Komentar