8 Hal Penting Dalam Perawatan Tanaman Anthurium Yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki tanaman hias merupakan satu hal yang sangat mengasyikkan bagi sebagian orang terutama mereka yang menggilai berbagai jenis tanaman hias. Salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak digemari adalah anthurium atau yang biasa disebut dengan gelombang cinta. Jenis tanaman yang memiliki daun indah berwarna hijau ini akan tumbuh dengan baik ketika Anda mengetahui tips mudah merawat anthurium seperti yang dijelaskan berikut ini.

Salah satu contoh tanaman Anthutium

1. Pastikan menggunakan media tanam porous
Dalam tips mudah merawat anthurium, Anda tidak disarankan menggunakan tanah sebagai media tanam, sebab hal ini akan memberikan dampak negatif berupa pertumbuhan tanaman yang terhambat karena tanah dapat mengikat akar. Sebagai gantinya, maka Anda bisa menggunakan arang sekam padi yang dikombinasikan dengan pakis cacah, sehingga tanaman gelombang cinta Anda akan tumbuh dengan baik.

2. Lakukan penggantian pot
Untuk menunjang pertumbuhan tanaman anthurium, pada tips mudah merawat anthurium, Anda dianjurkan untuk mengganti pot tersebut dengan jenis pot yang memiliki ukuran lebih besar dari sebelumnya. Penggantian pot semacam ini dilakukan untuk membantu dalam menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut serta menjaga agar sistem perakaran tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

3. Menempatkan tanaman pada area teduh
Tips mudah merawat anthurium yang selanjutnya adalah dengan tidak meletakkan tanaman ini langsung di bawah terik sinar matahari, sebab hal ini bisa menyebabkan terjadinya perubahan daun yang menjadi kekuning-kuningan. Untuk mencegah hal itu, maka Anda disarankan menempatkan tanaman tersebut di tempat yang teduh dan rindang agar keindahan daunnya terjaga.

4. Paparkan tanaman di bawah sinar matahari pagi
Hal lain kaitannya dengan tips mudah merawat anthurium adalah dengan memenuhi kebutuhan sinar matahari pagi yang sangat bagus untuk pertumbuhan daun serta menjaga agar daun anthurium agar terlihat tetap hijau dengan bentuk yang tetap indah. Untuk itu, Anda bisa memaparkan tanaman ini selama 15 menit sampai 1 jam dalam kurun waktu satu minggu sekali.

5. Lakukan penyiraman secara benar
Selaian kebutuhan sinar matahari pagi yang perlu dicukupi, dalam tips mudah merawat anthurium juga menganjurkan Anda untuk mencukupi kebutuhan air tanaman ini. Lakukan penyiraman tanaman dengan memperhatikan kondisi media tanam, pastikan kelembapannya terjaga sehingga tanaman ini akan tumbuh baik. Untuk itu, Anda bisa melakukan penyiraman dua kali sehari pada pagi dan sore hari sesuai dengan kebutuhan.

6. Melakukan pemutaran pada posisi pot
Beberapa orang menempatkan bunga anthurium dalam media tanam berupa pot, sehingga untuk menjaga tanaman tersebut tumbuh dengan baik dan tumbuh lurus, maka dalam tips mudah merawat anthurium Anda harus melakukan pemutaran pot guna menghindari tanaman tumbuh mengikuti datangnya sinar matahari. Lakukan pemutaran sesering mungkin supaya keindahan tanaman ini tetap terjaga dengan baik.

7. Mengolesi daun anthurium dengan susu
Salah satu daya pesona dari tanaman anthurium ini adalah keindahan bentuk daunnya yang bergelombang. Untuk menjaga keindahan tersebut, pada tips mudah merawat anthurium, Anda bisa melakukan pengolesan daun dengan susu yang sebelumnya daun dibersihkan dengan air. Dengan melakukan cara semacam ini selama satu minggu sekali, maka daun anthurium Anda akan terlihat lebih indah dan berkilau.

8. Memberikan asupan nutrisi berupa pupuk
Tidak hanya sinar matahari dan air saja yang akan mendukung pertumbuhan bunga anthurium, namun pemberian pupuk juga turut serta dalam mendukung hal ini. Untuk hasil yang terbaik, dalam tips mudah merawat anthuriumb, Anda bisa menaburkan pupuk NPK yang dicampurkan dengan air sebanyak 2 gram per liter air. Setelah itu, Anda bisa menyiram larutan NPK tersebut pada media tanah tersebut dan pastikan tidak mengenai bagian daunnya sebab hal ini akan mengakibatkan kebusukan.

Dalam merawat bunga anthurium atau gelombang cinta, Anda harus mengetahui beberapa tips mudah merawat anthurium guna mendapatkan hasil tanam yang bagus serta pertumbuhan yang baik. Dengan menerapkan tips mudah merawat anthurium ini, maka tanaman anthurium Anda juga akan mampu untuk bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama.

0 Response to "8 Hal Penting Dalam Perawatan Tanaman Anthurium Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar