Cara Dibalik Budidaya Anggrek Mudah Dan Sederhana

Bunga anggrek adalah jenis bunga yang memiliki kelopak indah. Karena keindahan bunga anggrek, membuatnya banyak diminati. Tanaman anggrek adalah tanaman yang memiliki jenis beragam. Sudah banyak budidaya bunga anggrek yang berhasil dan mampu menghasilkan bisnis menguntungkan. Bila kita tahu teknik dasarnya, cara budidaya anggrek dengan baik dan benar akan menghasilkan bakalan anggrek yang berkualitas baik.

Budidaya bunga anggek dapat dilakukan dengan mudah di halaman rumah.
Karena tanaman anggrek terkenal akan keindahan dan varian warnanya, bukan tidak mungkin banyak dari kita ingin mengetahui bagaimana cara budidaya anggrek. Sebagai salah satu tanaman hias, anggrek sangat cocok dengan iklim di Indonesia. Dan tempat paling ideal agar tanaman ini mampu berkembang dengan sangat baik yaitu diletakkan di luar ruangan atau di taman bunga, sebab anggrek adalah tanaman yang memerlukan sinar matahari yang sangat cukup untuk pertumbuhannya.

Cara budidaya anggrek dengan mudah juga memerlukan perawatan baik agar bisa tumbuh dan menghasilkan bunga yang layak. Pengembang biakan tanaman ini juga tidak terlalu sulit, bisa dikembangbiakkan dengan cara alami maupun buatan atau teknik tertentu. Sebelum mengetahui cara budidaya anggrek sebaiknya kita memahami dulu bagaimana memilih tanaman anggrek ketika hendak membeli bibit anggrek.

Karena memilih tanaman anggrek yang tepat merupakan kunci keberhasilan budidaya. Karena ada lebih dari 25 ribu spesies anggrek,  yang perlu anda ketahui adalah mengetahui jenis anggrek mana yang cocok dengan kondisi, cuaca dan suhu di daerah tempat anda berada. Pertama, pilihlah anggrek yang masih memiliki beberapa tunas yang belum terbuka. Hal ini penting untuk mengetahui lama tanaman anggrek mampu mekar.

Cara budidaya anggrek yang mudah dan sederhana dengan mengetahui faktor utama yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman anggrek yaitu pertama sinar matahari. Daun pada anggrek membutuhkan 100%sinar matahari langsung di tempat terbuka. Kemudian, kelembapan udara. Anggek yang sehat memerlukan kelembaban udara yang tidak terlalu basah. Selanjutnya suhu temperature.

Temperature yang umumnya baik untuk budidaya anggrek kira-kira 28-15 derajat celcius. Cara tumbuh tanaman anggrek juga faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan anggrek, misalnya anggrek yang tumbuh ke atas. Berikut Cara budidaya anggrek mudah dan sederhana:

1.Rencanakan 
Cara budidaya anggrek dengan tahap perencanaan awal. Sebelum memilih anggrek untuk dibudidayakan,pertama kita haru tahu hal apa saja yang bisa dilakukan agar tanaman anggrek sukses dikembangkan.

Rencakan 5 hal berikut; pilihlah jenis anggrek untuk tanaman hias mana yang paling baik dan favorit, tentukan tempat yang bagus untuk budidayanya (pilih yang cocok dengan iklim), tentukan ketinggian media tanam bunga anggrek (umumnya anggrek cocok di daerah dengan ketinggian 500-1000 meter diatas permukaan laut), memilih bibit anggrek (pilih bibit yang baik dan unggul), dan mengetahui cara menanan tanaman anggrek.

2.Penanaman 
  1. Cara budidaya anggrek dengan mengeluarkan bibit dalam botol setelah anda membelinya di toko bunga.
  2. Buka tutup botol bibit anggrek dan isikan dengan air agar anggrek yang melekat bisa terlepas.
  3. Kaitkan bibit anggrek perlahan, keluarkan dan masukkan ke dalam baskom berisi air bersih.
  4. Bilas bibit hingga bersih. agar bibit nantinya terbebas dari jamur, bisa merendamnya ke dalam cairan fungisida dithane M-45 (1gr/L) selama 10 menit. Setelah itu angkat bibit lalu keringkan. 
  5. Siapkan pot, bila pot dari tanah bisa merendamnya dahulu.
  6. Potonglah remukan akar pakis, cuci bersih dan sterilkan dengan mengukus, lalu rendam dengan larutan pupuk.
  7. Isi pot dengan pecahan genting/arang dan potangan akar pakis, lalu tanam bibit anggrek ke dalam pot. 
  8. Lakukan penyiraman 2 kali sehari, dan pemupukan dilakukan setelah anggrek berumur 2 minggu.

3. Merawat bunga anggrek 
Cara budidaya anggrek mudah sederhana selanjutnya yaitu dengan merawat anggrek selepas pembibitan dan penanaman. Cara merawat bunga anggrek pertama yaitu dengan penyiraman dan pemukpukan. Lakukan perawatan bunga anggrek dengan cara mengatur kelambaban (jangan terlalu basah) secara merata setiap harinya.

Jangan lupa untuk merawat media tempat anggrek berkembang. Sediakan media tanam yang cocok, jangan lupa pemberian pupuk idealnya untuk angrek yaitu 1 bulan sekali. Bila media pot sudah terlalu kecil untuk perkembangan anggrek, ganti pot bila diperlukan. Pangkaslah beberapa helai daun yang sudah mati. Terakhir pastikan anggrek terbebas dari hama dan penyakit.

Sekian cara budidaya anggrek yang mudah dan sederhana, cara-cara tadi bisa kita lakukan sendiri.

0 Response to "Cara Dibalik Budidaya Anggrek Mudah Dan Sederhana"

Posting Komentar